Tutorial Powerbuilder Part 4


    Tutorial kali ini masih membahas seputar Datawindow, dimana kali ini kita akan belajar program powerbuilder untuk  memfilter data yang ada di grid Datawindow dengan memanfaatkan query sql server yang tersedia di dalam datawindow itu sendiri.
    Pertama kali yang akan kita lakukan adalah menyiapkan datawindow external untuk menyiapkan colom yang akan di filter. 

1. Buat Datawindow baru dengan layout Freeform.


2. Pilih External Dataobject ⇨Next


3. Tambahkan kolom serta isi Name, Type & Length sesuai gambar berikut :


4. Pilih Background color,Text color & Columns color sesuai yang di inginkan, kemudian  pilih Next


5.  Kemudian Pilih Finish.



6. Kemudian atur posisi agar terlihat seperti di gambar ini.


7. Simpan dataobject dengan nama dw_filter, kemudian buat Datawindow dan isi Dataobject : dw_filter .


8. Tambahkan script di constractor datawindow dw_filter seperti dibawah ini.


9. Tambahkan script di event EditChange seperti di bawah ini.



10.  Kemudian Pilih Data Source .


11. Pilih DesignRetrieval Arguments

12. Pilih Add untuk menambahkan Paramenter & Delete untuk menghapus, sedangkan Insert untuk menyisipkan parameter di antara kursor yang sedang aktif.


13.  Tentukan Column yang ingin di filter, dalam hal ini kita akan memfilter userid & nama, kemudian pilih operator yang ingin kita gunakan . Sama kan isi value sesuai gambar di bawah ini , Hal ini bertujuan agar kata yang di simpan di parameter nanti kita filter dan  jika kata tersebut mengandung di antara data yang ada di kolom tersebut maka data akan di tampilkan. Jangan lupa di Simpan.



Berikut Tampilan setelah di jalankan , isi kolom ID di dw_filter dengan kata yang ingin di filter.



Untuk lebih jelaskan kalian bisa Tonton video di atas, karena semua di bahas lengkap tentang datawindow, seperti dwItemstatus yang berfungsi untuk membedakan mana record baru dan yang sudah ada. Login dengan menggunakan enter tanpa menekan tombol klik juga di bahas di dalam video tersebut.
Ok sekian dulu dari saya , eeeits jangan lupa Ngoding sambil Ngopi Mantab  ☕☕☕☕


Comments