- Get link
- X
- Other Apps
Belajar Powerbuilder untuk Pemula Part 1
Buat Teman - teman yang baru belajar Powerbuilder bisa belajar dari video ini, Memahami properties dan kegunaanya serta tools yang di gunakan.
1. Open Aplikasi Powerbuilder 12.5 ⇨ Pilih File ⇨ New . Pada Tab Workspace Pilih Icon Workspace laku tekan Tombol Ok seperti gambar berikut .
2. Isi Nama File workspacenya, Contoh : lat3. Untuk Membuat Target Application, caranya Pilih File ⇨ New ⇨ Klik Tab Target ⇨ Pilih Icon gambar Application sesuai gambar di bawah ini . setelah itu Pilih Ok
Kemudian Klik kolom library, secara otomatis akan membuat folder sesuai path workspace yang di buat. lalu Tekan Tombol Finish .
5. Lalu akan muncul tampilan sebagai berikut :7. Pilih Tab Icon , Kemudian masukan path file icon yang ingin kalian ganti dengan mengklik Tombol Browser
Untuk Text Font, Column Font, Header Font,Label Font, Kalian juga bisa rubah sesuai dengan keingin sendiri.
8. Untuk membuat Form / Window kalian bisa Pilih File ⇨ New ⇨ Klik Tab PB Object
10. Di samping kanan terdapat Properties Form/ Window yang bisa kita gunakan sesuai kebutuhan .
Form/Window memiliki bebrapa type diantaranya :
11. Default tampilan Form/Window bisa kalian setting sesuai keinginan kalian. Maksudnya adalah Pada saat open window pertama kali maka yang muncul sesuai settingan kalian. berikut cara settingnya.
Masih banyak lagi yang bisa kalian setting , mau tau lebih dalam lagi ?, Yuk lihat video di atas step by step agar kalian mudah memahami cara membuat aplikasi menggunakan powerbuilder 12.5 . Jangan lupa Ngoding Sambil Ngopi ya Guys ! ☕☕☕☕
Comments
Post a Comment