Belajar Powerbuilder untuk Pemula Part 1


Buat Teman - teman yang baru belajar Powerbuilder bisa belajar dari video ini, Memahami properties dan kegunaanya serta tools yang di gunakan.

1.    Open Aplikasi Powerbuilder 12.5 ⇨ Pilih File ⇨ New . Pada Tab Workspace Pilih Icon Workspace laku tekan Tombol Ok  seperti gambar berikut .

2.    Isi Nama File workspacenya, Contoh : lat

3.    Untuk Membuat  Target Application, caranya Pilih File ⇨ New  ⇨ Klik Tab Target  ⇨ Pilih Icon gambar Application sesuai gambar di bawah ini . setelah itu Pilih Ok


4.    Isi Application Name : lat  
       Kemudian Klik kolom library, secara otomatis akan membuat folder sesuai path workspace yang di buat. lalu Tekan Tombol Finish .



5. Lalu akan  muncul tampilan sebagai berikut :


6.    Untuk merubah Icon Aplikasi pada saat setelah di compile kalian bisa rubah di Additional Properties 


7.    Pilih Tab Icon , Kemudian masukan path file icon yang ingin kalian ganti dengan mengklik Tombol Browser


    Untuk Text Font, Column Font, Header Font,Label Font, Kalian juga bisa rubah sesuai dengan keingin sendiri.


8.    Untuk membuat Form / Window kalian bisa  Pilih File ⇨ New  ⇨ Klik Tab PB Object



9.    Maka akan muncul tampilan sebagai berikut :


10. Di samping kanan terdapat Properties Form/ Window yang bisa kita gunakan sesuai kebutuhan .
Form/Window memiliki bebrapa type diantaranya :
   

11.    Default tampilan Form/Window bisa kalian setting sesuai keinginan kalian. Maksudnya adalah Pada saat open window pertama kali maka yang muncul sesuai settingan kalian. berikut cara settingnya.



Masih banyak lagi yang bisa kalian setting , mau tau lebih dalam lagi ?, Yuk lihat video di atas step  by step agar kalian mudah memahami cara membuat aplikasi menggunakan powerbuilder 12.5 . Jangan lupa Ngoding Sambil Ngopi ya Guys ! ☕☕☕☕












Comments